10 Tips Agar BlackBerry Tidak LEMOT !

Siapa yang tidak kenal Blackberry, salah satu ponsel cerdah buatan RIM ini ternyata hingga saat ini masih menjadi primadona di kalangan remaja bahkan kalangan dewasa. Tentu saja semua itu tanpa sebab, karena dari pengalaman pribadi. Smartphone ini memiliki keunggulan yang membuat pemilik merasa bangga. Salah satu yang membuat pemilik Blackberry menjadi unik tentu saja PIN yang dibawa setiap ponsel Blackberry. Akan tetapi meski pun banyak sekali orang yang masih meminati ponsel cerdas tersebut. Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel ini juga memiliki kelemahan.

Meski pun saya tidak bisa memberitahukan semuanya tapi yang paling banyak di dapat oleh pengguna adalah seringnya hp atau ponsel blackberry mereka yang terasa lemot dan bahkan hang. Padahal dirasa pengguna ponsel tersebut bahwa mereka menggunakan ponsel blackberry secara wajar. Lalu apa penyebabnya? Nach untuk kali ini dilihat dari masih populernya artikel saya tentang download tema blackberry via ota kemarin yang sampai sekarang masih menjadi populer post saya. Kali ini untuk lebih memantapkan lagi, saya posting artikel tentang Tips Agar Blackberry Lebih Ringan berikut ini.

Agar Blackberry anda tidak lemot dan bahkan hang. Anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini. Tips di bawah sudah saya coba sendiri hingga hp atau ponsel saya terjual. :p Akan tetapi pada kenyataannya ponsel saya tersebut belum pernah hingga sering hang. Meski pun pernah juga sebelum mencoba trik di bawah ini.

Tanpa panjang lebar berikut ini adalah Tips Agar Blackberry Lebih Ringan:
1. Biasakan Menghapus Pesan Secara Berkala
Seperti ibarat sampah, pesan dalam ponsel Blackberry sendiri bisa menjadi penuh dan mengurangi memori ponsel serta tidak menutup kemungkinan mengurangi performa ponsel Blackberry. Jadi saya sarankan untuk terus menghapus pesan-pesan seperti SMS, Email serta pesan lain yang sudah tidak dibaca. Untuk Email anda bisa mengatur untuk otomatis terhapus selama 15 hari.

2. Selalu Bersihkan Cache Browser
Ketika kita browsing dan keenakan tanpa sadar kita sudah memenuhi cache untuk disimpan di blackberry kita. Saran saya bersihkan ketika anda selesai browsing. Beberapa cache yang perlu dibersihkan adalah Contenct Cache, Pushed Content dan Cookie Cache. Anda bisa menghapus cache tersebut dengan masuk ke menu Option – Clear Browsing Data.

3. Cache Aplikasi Social Media Anda
Facebook dan UberSocial sebenarnya cukup membuat ponsel Blackberry bekerja. Apalagi jika pertama kali anda login atau pun lama tidak login ke social media tersebut. Saran saya agar sewaktu login tidak berat serta memakan biaya internet yang cukup mahal. Saya sarankan agar anda mencache aktifitas chatting anda dan menghapusnya jika anda merasa ponsel anda terasa berat.

4. Teratur Membersihkan Memori
Agar memori anda lebih ringan. Anda bisa membersihkan memori secara berkala. Anda dapat menghapus memori yang ada dengan masuk ke menu Memory Cleaning yang ada di menu Option.

5. Lakukan Clear Log secara berkala
Tips ini mungkin kurang begitu membantu karena yang kita hapus hanya laporan aktifitas dari kinerja ponsel kita. Tapi setidaknya nggak ada salahnya anda mencobanya. Anda bisa membersihkan log dengan cara tekan ALT (Tahan) + L G L G.

6. Akhiri Obrolan Ketika Tidak Digunakan
Ketika sudah selesai chat dengan seseorang. Pastikan untuk menutup obrolan tersebut (kecuali dalam keadaan penting)

7. Lakukan Soft Reset
Jika ponsel Blackberry terasa lemot dan berat. Anda bisa mencoba melakukan soft reset yang berfungsi untuk reboot ponsel anda.

8. Prioritaskan Simpan File/Data di Memory Card
Jangan penuhi memory Ponsel dengan data-data yang bisa kita pindah di MMC agar kinerja dan performa ponsel tidak terganggu.

9. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting
Aplikasi di Blackberry masih menjadi perdebatan hingga sekarang. Karena terlalu banyak aplikasi selain membuat ponsel blackberry menjadi lemot. Memory ponsel sendiri juga berkurang bahkan ketika aplikasi tersebut diuninstall. Pilih secara bijak aplikasi yang ingin anda install.

10. Beri Waktu Ponsel Blackberry Istirahat
Ponsel Blackberry akan selalu menyala ketika baterai masih menempel di ponsel. Jadi usahakan setiap 3 hari sekali untuk mematikan ponsel dan lepaskan baterai. Tunggu dan istirahatkan minimal 15 menit. Karena langkah ini selain mengistirahatkan ponsel juga mampu menghapus cache yang selama ini di simpan.

10 Langkah di atas tidak semuanya dilakukan. Namun bagi anda yang mencobanya semoga sedikit membantu. Akhir kata semoga artikel tentang 10 Tips Agar Blackberry Lebih Ringan di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s